FAHRI Hamzah Ngotot Dan Dukung Anggota DPR Dapat Imunitas !!

FAHRI Hamzah Ngotot Dan Dukung Anggota DPR Dapat Imunitas !!

Baca Juga

WARTABALI.NET -  Dicekalnya Setyo Novanto karena sebagai saksi kasus penting EKTP tampaknya membuat para anggota DPR menginginkan hak imunitas, seperti yang dikatakan Fahri Hamzah yang mana menjabat sebagai wakil ketua DPR berikut ini, dirinya menjelaskan secara rinci mengapa ia mendukung program Imunitas ini untuk anggota DPR ?? apa sih untungnya dan apa sebabnya mengapa Fahri Hamzah getol sekali meminta Hak istimewa itu



Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menegaskan dukungannya terhadap usulan memperjelas hak imunitas anggota dewan dengan dimasukkan di draf revisi UU MPR, DPR, DPRD, dan DPD (RUU MD3) yang saat ini sedang dibahas.

‎Hak imunitas anggota dewan, kata Fahri, merupakan pengejawantahan daulat rakyat. Sebab, lanjut dia, anggota dewan adalah wakil rakyat yang dipilih dalam proses pemilu.

"Jadi, ini adalah falsafah tentang daulat rakyat. Itu yang harus dipahami dulu. Ini harus dijaga," kata Fahri Hamzah, di Jakarta, Senin (24/4).

Menurut Fahri, yang bertugas mengawasi Pemerintah adalah rakyat, dengan DPR sebagai perwakilannya. Sehingga akan sangat berbahaya jika dalam menjalankan tugas pengawasan itu, tak ada hak imunitas untuk DPR.

"Makanya di UUD 45, diletakkan pasal itu. Bahwa anggota DPR tak boleh diproses hukum dalam menjalankan tugasnya. Sekarang dimana pelaksanaan pasal itu ada di UU? Tak dibuat definitif," kata dia.

Fahri membandingkan dengan lembaga tinggi negara lainnya, seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang bertugas mengaudit penggunaan keuangan negara. Ketika BPK menjalankan tugasnya, lanjut dia, dilindungi oleh hak imunitas.

"Karena BPK itu, imunitasnya lebih definitif. Itu yang kita lakukan sekarang. Saya usul agar pasal imunitas itu diturunkan lebih definitif. Maksudnya imunitas ini dibikin clear," kata dia.
[ads-post]
Sebelumnya, ‎proses revisi UU MD3 dinilai semakin ribet karena muncul usulan baru memperkuat hak imunitas anggota DPR RI. Usulan itu mencuat dalam rapat di Badan Legislasi (Baleg) DPR yang dilaksanakan tertutup, Senin (20/4).

Kemunculan ide itu disampaikan Anggota Baleg dari Fraksi PAN, Yandri Susanto, dan Ketua Baleg DPR, Supratman Andi Agtas. Isu baru itu menambah jumlah usulan baru, termasuk jumlah kursi pimpinan DPR-MPR. Yang sebelumnya disepakati dari lima menjadi enam, kini diusulkan lima menjadi tujuh.

Terkait usulan untuk menambah dua orang pimpinan DPR dan MPR, dari jumlah lima orang saat ini menjadi tujuh, Fahri enggan bicara banyak. Kata dia, memang penambahan kursi itu akan membuat lebih banyak biaya yang disiapkan Sekretariat Negara (Setneg). Sebab fasilitas untuk pimpinan DPR dan MPR disiapkan oleh Setneg.

"Maka (penambahan jumlah pimpinan dewan) itu akhirnya jadi problem anggaran negara. Tapi kalau soal itu kita serahkan ke Baleg DPR dan Kemenkumham saja," kata Fahri Hamzah.[brst]

Related Posts

FAHRI Hamzah Ngotot Dan Dukung Anggota DPR Dapat Imunitas !!
4/ 5
Oleh